Welem: RAT, Kesempatan Evaluasi

Kupang, flobamoraspot.com –  Koperasi Kredit Solidaritas Santa Maria Assumpta Kota Kupang mengelar Pra Rapat Anggota Tahunan – Pra RAT tahun buku 2017 di Tempat Pelayanan – TP Oesao. RAT dipusatkan di Aula Gereja Santa Maria Fatimah Taklale, diwarnai pemberian berbagai hadiah hiburan kepada anggota.

“Ada dua agenda penting. Pertama itu kita mengevaluasi seluruh kegiatan dan kedua merencanakan kegiatan untuk tahun 2018 bersama anggota, sehingga mereka mengetahui apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan kita laksanakan”, ujar Wilhelmus Jemahan,  Ketua Kopdit Solidaritas Santa Maria Asumpta Kota Baru Kupang kepada flobamoraspot.com di Sela-sela RAT di aula Gereja Santa Maria Fatimah Taklale Minggi (18/2/2018).

Ia menilai, Perjalanan Kopdit Solidaritas di bawah kendali Urbanus Reko sebagai Menejer terjadi peningkatan di berbagai bidang antara lain penambahan anggota, Aset  dan pinjaman yang beredar serta  berbagai Produk Koperasi yang dihasilkan.

“Juga jumlah simpanan-simpanan seperti simpanan Equitas  sebagai tanda anggota, kemudian juga simpanan kepercayaan seperti Simpanan Pendidikan Anak, Simpanan Bunga Harian, Simpanan Suka Rela Berjangka dan produk yang baru yakni Simpanan Pendidikan Tinggi dan Simpanan Pensiunan Anggota”, katanya.

Mengenai rencana menghadirkan TP di beberapa Titik di Kabupaten Kupang ia mengatakan, menghadirkan TP di sebuah wilayah ada syaratnya yakni Jumlah anggota, Aset dan paling penting adalah jumlah Pendapatan di Calon TP tersebut, sehingga bisa membiayai diri sendiri. Mengenai Calon Ketua TP ia menjelaskan, pendidikan seputar Perkoperasian dan menejemen harus diperkuat.

“Maka yang kita dorong  sekarang adalah pendidikan bagi tim menejemen  sehingga kalo sudah menjadi kepala TP itu dia mampu melaksanakan tugas sesuai apa yang kita harapkan”, urainya.

Menejer Koperasi Kredit Solidaritas Urbanus Reko menjelaskan, sebelum pelaksanaan RAT di Kopdit Pusat Pengurus dan Pengawas terlebih dahulu melaksanakan RAT atau disebut Pra RAT di Tempat Pelayanan – TP Oesao diikuti sekitar 700 anggota dari 49 desa di Kabupaten Kupang.

“anggota yang hadir sangat antusia dari 49 desa semua perwakilan hadir”, jelas penanyi lagu daerah NTT ini.

Menurut dia, ke depan RAT akan dilakukan di beberapa TP sebagai bentuk mendekatkan pelayanan kepada  anggota.

“Kita terus berusaha agar di tahun berikut ada RAT di beberapa tempat yang jumlah anggotanya sudah dia atas 100. Mungkin Tanini ya dan Ende”, ujar Mantan Tukang Ojek ini

Ia menjelaskan, saat ini telah hadir TP Matani untuk melayani 200 anggota dan masyarakat sekitarnya yang masih ditangani Menejemen Kopdit Pusat sejak awal Desember 2017.

“saat ini sudah ada TP yang sudah berjalan sejak 1 Desember 2017 di Matani melayani Tanah Merah, Noelbaki, Tarus, Usiloa, Matani, Tilong, Baumata, Penfui dan sekitarnya”, urainya.

Jumlah ANggota Kopdit Solidaritas Santa Maria Assumpta Kupang saat ini mencapai 5.000 lebih dengan rincian TP Oesao dan Maukaro  1. 492 anggota sedangkan di Kantor Pusat 3. 902, dengan jumlah asset  mencapai 68 Milyar rupiah. Keduanya berharap, masyarakat memilih Kopdit Solidaritas menjadi tempat mempersiapkan masa depan Keluarga dan anak. (sintus)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »