Sumba, Pulau Terindah di Dunia

Senin 26 Februari 2018

Laporan:Jen Salem
Kupang, Flobamoraspot.com – Pulau Sumba merupakan bagian integral Provinsi Nusa Tenggara Timurbeberapa hari terakhir mendapat sorotan dunia. Pulau berjulukan “1000 Kuda Sandalwood” itu dinobatkan sebagai Pulau Terindah di dunia versi Majalah Vocus yang berkedudukan di Jerman.
“Sumba dipilih sebagai Pulau Terindah dari 33 pulau Terindah di dunia oleh para Voters Internasional dan dimuat dalam Majalah Vocus”, kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Dr jelamu Ardu Marius kepada flobamoraspot.com Senin (26/2/2018)
Penobatan Sumba sebagai Pulau terindah di dunia dimuat dalam Majalah Vocus dengan Artikel bertajuk “Sumba bukan nama sebuah karya, tetapi sebuah Mimpi”.
“Dalam tulisan itu Penulis menggambarkan Pulau Sumba itu A Dreaming ya sebuah impian. jadi sepertinya tidak ada di dunia tetapi ternyata ada”, tutur Mantan Karo Ekonomi NTT itu.
Ia menambahkan, predikat baru Sumba, melengkapi nama besar Sumba sebagai Pemilik Pantai Terbaik Dunia, Nihiwatu Ressort, di Sumba Barat selama dua tahun berturut-turut, 2016 dan 2017.
“Nah ini tentu saja sangat membanggakan NTT dan Indonesia, karena Sumba akan menjadi Marketting Promosi Pariwisata Internasional”, jelasnya.
Menurut dia, selain Sumba terkenal dengan Megalitik, Merapu, Padang Savana dan rumah adat yang sangat indah, juga Sumba terkenal dengan Endemik yang menyimpan dua taman Nasional, Taman Nasional Menupeu Tanah Jaru dan Taman Nasional Laiwangi Wanggametti
“Dua Taman nasional itu telah ditetapkan sebagai Importan Bird Area atau kawasan burung yang penting oleh Lembaga Internasional Pencinta Burung, karena 10 jenis burung ada di kawasan ini, diantaranya Kakatua Jambul Kuning”, kata dia.
Ia menjelaskan, semua predikat yang diperoleh Sumba, mendorong masyarakat dan seluruh unsure untuk menjaga, melestarikan dan mengkonservasi semua destinasi Alam, baik di Lautan, pantai maupun di darat seperti rumah adat dan kampung adat yang sangat eksotis. “Karena sumba saat ini memiliki konektivitas Udara yang sangat lancar dari Denpasar ke Tambolaka dan ke Waingapu juga dari Kupang. Konektivitas yang mudah ini membuat Sumba, bisa dikunjungi oleh siapa saja baik dalam maupun Luar Negri”, katanya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »