Tebe Kancing Ditarikan di Amerika

Minggu, 18 Maret 2018

Laporan : Yasintus Fahik

Kupang, flobaoraspot.com –  sejak 17 – 18 Waktu Amerika Serikat berlangsung  Kegiatan  “Dallas Trevel Adventure Show 2018” yang melibatkan perwakilan negara -negara yang ada di Amerika termasuk Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston.

Romo Maximus Un Bria yang Hadir dalam event tersebut sebagai wakil dari NTT yang diundang KJRI Houston untuk ikut serta mempresentasikan dan menjelaskan The Beuty of East Nusa Tenggara Indonesia kepada pengunjung dalam laporannya dari Amerika Serikat Minggu 18 Maret 2018 mengatakan, Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat Amerika keindahan budaya dan pariwisata negara-negara yang ikut serta dalam kegiatan ini.

“Dalam even ini Tarian Tebe Kancing Malaka dibawakan bersama oleh peserta dari Indonesia dan membuat pengunjung ikut bergoyang. Bangga saya karena Tarian dari Daerah saya dibawakan dihadapan ratusan pengunjung Bule ke stand Nusa Tenggara Timur”, kata RD Maxi Un Bria.

“Konsul Jenderal RI di Houston Dr.Nana Yuliana dan para Diplomat di KJRI Houston memilih memperkenalkan Pariwisata NTT kepada masyarakat Amerika dengan tema “The beauty of East Nusa Tenggara Indonesia”, kata RD Maxi..

Pada momen ini KJRI Houston mengundang warga Indonesia di Amerika, pemerhati dan pegiat budaya dan pariwisata untuk terlibat memperkenalkan Indonesia.

“Adapun kegiatan yang dilakukan KJRI Houston adalah memberikan informasi kepada masyarakat Amerika tentang Keindahan, keunikan, keistimewaan budaya , alam dan pariwisata Indonesia khususnya NTT kepada peserta –pengunjung”, ujarnya.

Pada Boot Indonesia para diplomat KJRI Houston dan pegiat Pariwisata siap memberikan presentasi dan penjelasan kepada para pengunjung. “KJRI Houston fokus memberikan informasi tentang keindahan dan pariwisata NTT.Mulai dari Komodo sebagai salah satu Keajaiban dunia, handmade industri tenun ikat setiap kabupaten di NTT, kampung adat dan seni budaya yang dimiliki, taman laut yang indah di Alor dan Maumere untuk diving, Pantai Nemberala di Rote, Danau Kelimutu Ende Flores, Music Sasando, Likurai di Belu, Tebe Malaka, Jai Ngada, musik suling bambu dan Sasando”, katanya.

Boot Indonesia ramai dikunjungi peserta karena selain informasi yang disiapkan berupa buku, liflet dan video ada show tenun ikat dari berbagai kabupaten yang disiapkan Dinas Pariwisata Provinsi NTT.

Cary Suprobo salah satu warga Indonesia yang sudah 40 tahun tinggal di Amerika, yang berpartisipasi memperkenalkan Indonesia merasa bangga dengan kekayaan alam , budaya dan pariwisata Indonesia. “Melalui Travel Voyage Paradise , dia aktif membawa masyarakat Amerika ke Indonesia”, katanya Pastor asal Malaka ini..

Hal senada disampaikan Maria Oterbine salah satu warga Indonesia diAmerika. Dia mengaku gembira dan bangga dengan keindahan budaya dan alam Indonesia karena itu dia ikut aktif memperkenalkan Indonesia dalam berbagai kegiatan.

Sebagaimana kita ketahui partisipasi KJRI Houston dalam Dallas Trevel Adventure Show 2018 di dukung sepenuhnya oleh tujuh perempuan hebat asal Indonesia yang saat ini menjadi Konsul Jenderal dan diplomat di KJRI Houston Amerika.

“Adapun mereka adalah, Konsul Jenderal: Dr. Nana Yuliana, Konsul Ekonomi: Sylvia Shirley Malinton, Konsul Penerangan & Sosial Budaya: Romanna Sirait, Konsul Protokol & Konsuler: Kalista Siregar, Konsul Muda Pensosbud: Karbela, Konsul Muda Ekonomi: Dian Ardhini Hapsari Non Diplomatik dan Bendahara: Rokhaenah”, jelasnya.

Kadis Pariwisata Provinsi NTT Dr. Jelamu Ardu Marius mengatakan, KJRI mengundang juga Pemerintah Nusa Tenggara Timur dan Dinas pariwisata, namun karena kesibukan Pemerintah NTT tidak bisa hadir.

“ada beberapa agenda baik di NTT maupun di Jakarta sehingga kami tidak bisa hadir dan kami mewakilkannya kepada Romo Maxi. Melalui Romo kami titipkan tenunan ikat daerah NTT untuk dipromosikan di Texas Amerika Serikat”, ujar Dr. Jelamu saat dialog Interaktif bersama Romo Maxi di Studio Radio Tirilolok Minggu (18/3/2018).

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke NTT tahun 2017 khususnya dari Amerika Serikat menduduki  posisi ketiga setelah Jerman dan Australia. “Tentu kami berharap, potensi Wisata yang dimiliki NTT dan sangat kaya bisa menarik kunjungan Wisatawan Mancanegara. Dan khusus Pa Probo (Cary Suprobo) saya mau sampaikan, kalo bapak datang ke NTT bersama Wisatawan kami siap fasilitasi bapak”, katanya.

Kadispar NTT ketika itu tidak lupa mempromosikan Sumba sebagai salah satu Pulau terindah di dunia dengan padang Savananya. “Jadi kalo texas dikenal dengan Cowboynya Sumba juga tidak kalah karena masyarakat di sana selalu berkuda kemana-mana”,, urainya.

 

 

 

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »