Taman Laut Alor Sudah Mendunia

Selasa, 10 April 2018

Laporan : Yasintus Fahik

Kabid Promosi Dinas Pariwisata NTT Eden Klakik dan keluarga ketika berada di Taman Laut Alor

Kalabahi, flobamoraspot.com – Obyek wisata yang dimiliki Provinsi Nusa Tenggara Timur beranekaragam dan patut dipromosikann. Salah satunya adalah Taman Laut Alor. “Obyek Wisata ini sudah mendunia”, kata Kabid Promosi Dinas Pariwisata Provinsi NTT Eden Klakik kepada flobamoraspot.com Senin (9/4/2018) di Kupang. Taman Laut Alor memiliki 26 spot dengan berbagai macam biota laut, dengan luas 3 km dan lebar hampir 1 km .
“Tahun 2016 kita coba untuk masuk mengikuti kegiatan Anugerah Pesona Indonesia. Waktu itu semua objek wisata bawah laut di Indonesia turut untuk divote,ternyata taman laut Alor mendapat nominasi 1 mengalahkan Raja Ampat dan tamaan laut Bunaken”, katanya.
Masih menurut dia, tidak hanya sampai di situ. Tahun 2014 Dinas Pariwisata NTT melakukan kegiatan lomba fotografi bawah laut menghadirkan 35 peserta fotografer dunia dengan salah satu syarat para peserta sudah pernah melakukan penyelaman di taman laut Karibia , raja ampat dan Bunaken.
“Hasilnya para peserta mengatakan bahwa taman laut Alor lebih indah dibandingkan taman laut Karibia. Batas waktu diberikan panitia dari jam 7 pagi sampe jam 4 sore banyak peserta yang melakukan penyelaman sampe jam 10 malam bahkan sampai jam 12 malam baru pulang.
Dan waktu kita menanyakan pada peserta panitia sudah memberikan batas waktu kenapa para peserta lanjut terus sampai malam mereka bilang mereka akan merasa rugi kalau tidak mengunjungi taman laut di Alor dan mereka bilang bahwa, mereka baru menemukan taman laut yang sangat indah yaitu di Alor , katarakter taman laut di Alor masih lebih unggul dibandingkan dengan taman laut yang lain”, ungkapnya mengulangi pernyataan para fotografer.
Hasil Lomba Foto bawah Laut tersebut sempat dipublikasikan dan mengundang para wiastawan dunia khususnya yang mencintai wisata bahari, datang ke Alor. “Ini salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi.
Bentuk lainnya kata Eden pemerintah sudah menata dengan baik tempat wisata Alor dengan membangun beberapa sarana. “Dan pemerintah sangat memperhatikan taman laut Alor karna taman ini sudah masuk dalam kategori taman laut terindah di dunia dan banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke sana”, tuturnya lagi.
Mengenai kesiapan masyarakat sekitar terhadap kedatangan wisatawan ke Taman Laut Alor Ia mengatakan, masyarakat yang tinggal disekitar objek wisata sudah sadar ternyata objek wisata taman laut bisa mendatangkan dampak ekonomi bagi mereka.
“Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke sana banyak masyarakat yang sudah menjual souvenir , makanan di objek wisata taman laut . “saya ucapkan proficiat kepada masyarakat karna mereka bisa menangkap peluang dan mendatangkan uang guna menghidupi keluarga mereka”, ujarnya.
Pemerintah saat ini sedang membangun dermaga di Kabupaten Alor, dengan dana APBN. “KIta harapkan segera selesai sehingga bisa dimanfaatkan”, pungkasnya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »