Bupati Sumba Barat Beri Pembekalan Peserta Diklat PIM III dan IV di Yogyakarta

Selasa, 10 April 2018

Laporan : Humaspro Sumba Barat

Bupati SUmba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole diantara Para Peserta Diklat PIM III dan IV di Yogyakarta

Yogyakarta, flobamoraspot.com -. Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole memberikan pembekalan bagi para peserta Pendidikan dan Latihan (Diklat) PIM tiga dan PIM empat yang dilaksanakan oleh PPSDM-KEMENDAGRI REGIONAL YOGYAKARTA, Selasa (10/04/2018).

Bupati Sumba Barat selaku narasumber memberikan ceramah umum kepada seluruh peserta diklat PIM III sejumlah 40 orang, peserta PIM IV sejumlah 40 orang dari berbagai daerah, terkait Penanganan Isu Strategis Bidang Politik Dan Pembangunan di Kabupaten Sumba Barat, baik itu tentang permasalahan, isu strategis, strategi pembangunan, fokus pembangunan serta berbagai hal tentang isu politik dan pembinaannya.

Ia berharap dengan kehadiran beliau ke Badan Diklat dapat memberikan motivasi bagi seluruh peserta Diklat.

Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Daerah sebagai salah satu sumber daya manusia yang penting bagi terselenggaranya fungsi pemerintahan dan pembangunan daerah mau tidak mau harus lebih mengoptimalkan potensi dirinya dalam menghadapi perkembangan zaman seiring dengan lajunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah mengglobal saat ini. Dalam hal ini, mutu pelayanan publik yang optimal, merata dan berkeadilan menjadi fokus utama implementasi pemerintahan yang baik (good governance) di daerah.

Diklat, merupakan ajang untuk meningkatkan kompetensi dan meraih prestasi sebaik-baiknya baik sikap, perilaku, potensi, moral, dedikasi, loyalitas terhadap tugas organisasi, kemampuan menjaga rotasi diri dan instansinya serta menjaga jasmani dan rohani tetap sehat sehingga nantinya diperoleh kesamaan pola pikir yang dinamis agar memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif serta semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan prima.

Diklat Kepemimpinan Tingkat II dan IV bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada Pejabat Struktural Eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

Posisi Eselon IV di dalam struktur birokrasi menjadi ujung tombak dalam menyelesaikan permasalahan, demikian juga di dalam memberikan saran atau advice, Eselon 4 banyak berperan sehingga Eselon IV ini merupakan ujung tombak sebuah organisasi khususnya di pemerintah.

Hasil konkret terakhir diklat adalah proyek perubahan, sehingga pengembangan kompetensi peserta diklat nantinya akan dibuktikan dengan proyek perubahan yang akan dinilai dari 2 tahapan, yang pertama adalah tahapan proposal proyek perubahan, dan yang kedua adalah aktualisasinya atau hasil dari realisasi proposal ini pada saat pelaporan.

 

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »