Koperasi Solidaritas Ikut Rat Nasional

Jumat, 04 Mei 2018

Laporan : Yasintus Fahik


uRBANUS-REKO-MENEJER-KOPDIT-SOLIDARITAS-BERSAMA-PESERTA-LAINNYA-DALAM-LOKA-KARYA-DAN-RAT-INDUK-KOPDIT-INDONESIA-DI-PALEMBANG

Kupang, flobamoraspot.com – Induk Koperasi Indonesia menggelar Loka Karya Nasional dan Rapat Anggota Tahunan Induk Koperasi Indonesia tahun buku 2017 di Palembang yang melibatkan 703 peserta dari seluruh Koperasi di daerah. Menejer Koperasi Kredit Solidaritas Urbanus Reko dalam laporannya kepada Radio Tirilolok dari Palembang Jumat 4 Mei 2018 mengatakan, Kegiatan berlangsung sejak 3 – 5 Mei 2018 dan Kopdit Solidaritas Santa Maria Assumpta Kota Kupang merupakan salah satu peserta karena tergabung dalam Puskopdit BK3D Timor yang merupakan Bagian dari Induk Koperasi Indonesia.

“Puskopdit BK3D Timor yang hadir saat ini, Kopdit Serviam, Solidaritas, Swastisari, Sami jaya, Adiguna, Citra Hidup Alor, Koperasi Sehati Ba’a Rote, seluruhnya ada 35 orang”, Kata Urbanus.

Urbanus mengatakan, setelah dibuka pada hari kamis 3 Mei 2018, Loka Karya dilanjutkan dengan pemaparan materi bagi seluruh peserta yang terbagi dalam tiga Kategori yakni Kategori Pengawas, Pengurus dan menejemen.

“Materi untuk kelas Menejemen itu Mr. Andi dari Bangkok, Tentang federasi Nasional dalam system Integrasi Kredit Union fungsi dan dukungan yang diperlukan. Sedangkan untuk kelas Pengurus,tentang lima wajib, fungsi dan perannya dalam integrasi Nasional Koperasi Kredit Indonesia, kelasPengawas, Peran system pengendalian Internal”, Urainya.

Ia menambahkan, pada hari kedua Loka Karya diisi dengan sosialisasi Program Biogas dari Yayasan Rumah Energi. Kegiatan lainnya yakni pembukaan forum Loka Karya dan RAT Nasional oleh Mentri Koperasi dan Sambutan dari Gubernur Sumatera Selatan.

“Juga ada pengesahan Pilar Koperasi yang kelima yakni persatuan dalam keragaman”, jelasnya.

Urbanus mengatakan, agenda pada hari Sabtu 5 mei adalah kunjungan lapangan ke Kopdit yang ada di Palembang.

“Semacam Studi Banding mungkin kita diberi masukan kita dalam satu gerakan memang tidak ada sekat”, ujar mantan Tukang ojek ini.

Ia berharap, dengan kegiatan ini para pengelola Koperasi dapat mempersiapkan diri menghadapi Pasar bebas terutama dalam bidang IT dan peyeragaman regulasi dari Sekunder sampai Primer di daerah.

“Paling tidak penyeragaman, supaya jangan terjadi di lapangan itu ada persaingan tidak sehat”, ungkapnya.

Peserta Loka Karya dari Koperasi Kredit Solidaritas yang hadir antara lain Welem Jemahan Wakil Ketua Puskopdit BK3D Timor sekaligus ketua Kopdit Solidaritas, Wakil Ketua Kopdit Solidaritas Yos Lela, Ketua Pengawas Jon Suni dan Menejer Kopdit Solidaritas Urbanus Reko.

Tema Loka Karya dan RAT Nasional Induk Koperasi Indonesia tahun buku 2017 adalah: ”Revitaslisasi Peran Strategis gerakan Koperasi Kredit Indonesia menuju Integrasi Nasional dalam Era Milenial”. Kegiatan diikuti 703 peserta dari seluruh Indonesia dibawah 30 lebih Puskopdit di Seluruh Indonesia.

 

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »