Songsong Hari Kesaktian Pancasila Pemkab Ende Gelar Festival Kebangsaan

Kamis, 24 Mei 2018

Laporan : Jeane Salem

Kadispar NTT Dr. Jelamu Ardu Marius dalam rapat bersama Sekda Ende dan jajarannya

Ende, flobamoraspot.com – Menyongsong Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 juni 2018, Pemerintah Kabupaten Ende bersama Dinas pariwisata NTT dan Kementrian Pariwisata RI menggelar berbagai kegiatan, yang dikemas dalam Festival Kebangsaan dan Bulan Soekarno. Kadis Pariwisata Provinsi NTT Jelamu Ardu Marius dalam laporan kepada Tirilolok dari Ende Rabu (23/5/2018) mengatakan, Festival Kebangsaan digelar untuk mengenang seluruh rangkaian perjalanan Bung Karno selama dibuang di Ende.
“Festival Kebangsaan ini akan diisi dengan berbagai kegiatan mengenang masa pembuangan Bung Karno pada 1934 – 1938. Sangat menarik tahun ini pada tanggal 1 Juni apel akan dipimpin Mentri Dalam Negri Cahyo Kumolo”, kata Dr. Jelamu dari balik telepon Celulernya dari Ende.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ende dokter Gusti Ngasu mengatakan, tahun 2018 merupakan tahun ke-4 pelaksanaan Festival Kebangsaan oleh Pemkab Ende.
“Kami memiliki berbagai macam Acara mulai dari 23 Mei – 2 Juni Kemudian akan disambung dengan Bulan Soekarno. Kegiatan-kegiatan antara lain, 23 Mei itu ada pagelaran budaya Nusantara antar Etnis, ada Lomba Fotografi, Lomba Perahu layar dari Pulau Ende ke Ende, parade pesona Kebangsaan dan berbagai kegiatan yang telah dijadwalkan, berpuncak pada 1 Juni ada Upacara Bendera dipimpin Bapa mendagri”, urai Gusti.
Mengenai Pawai Laut, Sekda Gusti Ngasu menjelaskan, Pawai laut digelar, untuk mengenang perjalanan Bung Karno saat dibawah ke Ende untuk menjalani masa pembuangan.
“Kami tampilkan seolah-olah bagaimana Bung Karno dibawa dengan kapal kemudian turun di pelabuhan Ende (Pelabuhan Bung Karno sekarang-red) dimeriahkan oleh sekian banyak perahu. Ini masuk dalam perlombaan juga”, jelasnya.
Dia berharap, even Pawai Laut ini bisa diberitakan secara luas sehingga mengundang wisatawan dari Manca Negara datang ke Ende.
“Masyarakat Ende pasti antusias dan kami mengharapkan even ini mendunia sehingga bisa mendatangkan banyak turist”, ujar Gusti.
Terkait kegiatan di bulan Juni sebagai Bulan Soekarno Kadis Pariwisata Provinsi NTT Jelamu Ardu Marius kembali menegaskan, pihaknya akan menggelar Lomba Pidato Ala Soekarno antar SMA Se-Kabupaten Ende.
“Pada tanggal 31 Mei akan diadakan lomba Pidato ala Soekarno antar SMA, tentang nasionalisme, keberagaman, tentang kebangsaan dan juga ada kegiatan temu pemasaran Pariwisata, Seminar, Lomba Paduan Suara Etnik NTT dan Lomba Tracking yang diikuti ratusan Peserta”, jelasnya.
Jelamu Ardu Marius menambahkan, dalam rangka bulan Soekarno dinas Peternakan Provinsi NTT juga akan menyalurkan bantuan bibit babi, sapi dan Kambing kepada kelompok tani di Ende.
“ Karena itu saya mengundang semua wisatawan domestic dan Internasional untuk datang ke Ende dalam Minggu-minggu ini untuk menyaksikan berbagai macam festival seni budaya yang diselenggarakan di Ende”, harapnya.
Sektor Pariwisata NTT saat ini sedang mengeliat karena gencarnya Promosi yang dilakukan Kadispar NTT bersama berbagai stakeholder.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »