Fauzi: Peserta JKN KIS Tidak Perlu Kawatir Mudik Lebaran

Senin, 4 Juni 2018
Laporan ; Ellena Christine
Kupang, flobamoraspot.com – Dua pekan lagi libur Lebaran tiba. Banyak hal yang perlu dipersiapkan baik untuk kebutuhan di rumah menyambut tamu yang datang maupun saat mudik menuju kampung halaman. Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah faktor kesehatan. Kepala BPJS Cabang Kupang dokter Fauzi Lukman Nurdiansyah dalam ketrangan Pers kepada sejumlah media di Kupang mengingatkan peserta JKN KIS untuk tidak kawatir saat libur Lebaran tahun 2018, tepatnya H-8 sampai H+8 atau sejal 7-23 Juni 2018. Peserta JKN KIS tetap berhak mendapatkan jaminan pelayanan Kesehatan selama hari libur Idul Fitri
Apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar Kota maka dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di fasilitas kesehatam tersebut.
“Prinsip portabilitas pada program JKN KIS bisa dirasakan saat-saat mudik lebaran. Sesuai peraturan perundangan yang selama ini sudah berjalan. Peserta yang berada di luar kota tidak menetap dalam jangka waktu lama dapat mengakses pelayanan kesehatan tingkat pertama. Hal ini merupakan bagian dari perjanjian kerjasama BPJS Kesehatan dengan faskes. Faskes tidak boleh menarik biaya tambahan”, tegas Fauzi.
Fauzi menambahkan, kewajiban melayani peserta JKN KIS selama mudik lebaran juga dilakukan faskes non Puskesmas (klinik pratama dan Dokter Praktek perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.
“Pada kondisi gawat darurat semua fasilitas Kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta KKN KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, oleh karena itu peserta JKN KIS yang mudik harus membawa kartu JKN KIS yang masih aktif ya”, Tegasnya.
Ia mengatakan, BPJS juga sudah meluncurkan Aplilasi Mudik BPJS demi menjaga peserta mendapat pelayanan kesehatan sesuai yang diharapkan.
“Peserta yang kebetulan lupa kartu Bisa menunjukkan Aplikasi ini kepada petugas untuk mendappatkan pelayanan kesehatan”, urainya.
Pada akhir keterangan ia memgatakan selama liburan masyarakat tetap bisa menghubungi BPJS melalui nomor 1 500 400 untuk memperoleh pelayanan informasi melakulan pengaduan, konsultasi kesehatan, memperoleh layanan administrasi peserta JKN KIS seperti mutasi dan aktivasi dan berbagai layanan lainnya.
Ia menambahkan, untuk menjamin Peserta JKN KIS aman Mudik, BPJS juga membuka posko di 8 titik padat pemudik antara lain terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area km 57 Cikampek, stasiun Yogyakarta, terminal Tortonadi Surakarta, pelabuhan gilimanuk Bali, serta pelabuhan Merak Banten, terminal Bungurasih Surabaya dan pelabuhan Soekarno Hatta Makasar.
Direktur RSUD WZ Johanes drg. Dominikus Mere menegaskan, selama libur Lebaran pelayanan kesehatan di rumah sakit tetap berjalan.
“Demi Mudik Nyaman bersama BPJS kami tetap memberikan pelayanan meski sebagian dokter merayakan lebaran di daerahnya” katanya
Kepala Rumah Sakit Leona dr. Sienny Amelia mengatakan pijaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
“Kita berkomitment untuk siap melayani”, ujarnya.
Kadis Kesehatan Kota Kupang dr. Ari Wijana mengatakan akan meningkatkan pelayanan kesehatam di setiap rumah sakit.
“Banyak yang cuti tapi di setiap rumah sakit cuti diganti jadi shift”, katanya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »