Mengintip Keindahan Kampung Adat Praijing di Sumba Barat

 

 Laporan : Yasintus fahik
ImageSB, flobamoraspot.com – Kampung Adat Praijing tahun 2018 ini masuk dalam 7 obyek wisata yang masuk dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Kampung Adat Praijing berada berada di urutan ke9B Kategori Kampung adat Terpopuler bersama kampung adat di Indonesia. Mulai hari ini flobamoraspot.com menurutnkan berita tentang tujuh obyek wisata tersebut untuk menambah refrensi pembaca sebelum memilih. Kampung Adat Praijing merupakan kampung adat yang terletak di Sumba BaratNusa Tenggara Timur. Kampung ini menjadi salah satu destinasi yang dikembangkan pemerintah setempat, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.
Kampung ini menawarkan pesona sangat indah perkampungan dengan hamparan luas persawahan.Selain itu kampung ini memiliki rumah adat tradisional yang sungguh unik, dimana pada rumah adat terdapat batu-batu megalitik didalamnya.

Rumah penduduk tersebut memiliki dinding dari kayu dan beratap rumbai.

Foto: Instagram/sandralugiana

Rumah ini dibedakan menjadi tiga bagian antara lain Lei Bangun (kolong rumah) sebagai tempat memlihara ternak, Rongu Uma (tingkat kedua) untuk tempat tinggal sedangkan Uma Daluku (menara atau loteng) digunakan sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan alat pusaka.

Pada bagian atap rumah dilengkapi dengan semacam tiang berukir yang digunakan sebagai pintu pembeda antara pintu lelaki dan pintu perempuan.

Biasanya pintu lelaki digunakan oleh kepala rumah tangga atau ayah untuk masuk ke dalam rumah. Sedangkan pintu perempuan digunakan untuk ibu yang akan pergi ke pasar.

Foto: Instagram/windawidodo

Bagi traveler yang yang ingin mengunjungi kampung adat ini, sebaiknya datang disaat pagi hari. Ini dikarenakan traveler akan melihat aktivitas warga saat memulai aktivitas. Selain itu bisa juga traveler datang disaat sore sewaktu warga pulang dari sawah atau ladang.

Kadis Pariwisata Provinsi NTT Dr. Jelamu Ardu Marius dalam sebuah Ketrangan kepada Media di Kupang beberapa waktu lalu meminta masyarakat ikut memilih atau Voting sehingga Kampung adat Praijing bisa masuk dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018. “Caranya, ketik API 9B kirim ke 99386. Pemilihan (voting) telah berlangsung sejak 1 Juni – 31 Oktober 2018”, katanya.

Sumber: Gayahidup.akurat.co

Editor :  Islahuddin

 

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »