Pengelolaan Pantai Wisata Tablolong Berdampak Ekonomi Bagi Warga Sekitar

Minggu, 10 Juni 2018
Laporan ; Eellen Christine
Kupang, flobamoraspot.com- Panorama pantai wisata Tablolong yang indah seperti mnghipnotis warga Kota Kupang Minggu siang itu. Semakin sore semakin banyak pengunjung meski Aset wisata NTT itu dibiarkan terlantar tanpa faslitas. Flobaoraspot.com yang berkesempatan berkunjung ke Obyek wisata yang terletak di wilayah Kabupaten Kupang itu mendapati lokasi eksotic nan seksi itu hanya dihiasi beberapa lopo yang dibangun masyarakat seara swadaya.
“Pantai ini sangat ramai di kunjungi oleh para pengunjung saat liburan seperti ini. Pantai Tablolong memberikan banyak keuntungan secara ekonomis bagi warga di sekitarnya, kalo banyak orang datang”, Kata Minggus Saketu salah satu warga Tablolong pengelola Lopo di Pantai tablolong kepada Flobamoraspot.com Minggu (10/6/2018).

Selain Minggus, ada beberapa warga lain yang mengelola tempat itu meski profesi mereka sebenarnya adalah nelayan.Setiap hari mereka dapat mengumpulkan uang kurang lebih 100 ribu rupiah. “Penghasilan kita tiap hari 100 ribu kadang tidak sampe juga, tapi ada sedikit-sedikit untuk bantu”, ujar Minggus kepada beberapa wisatawan domestik asal Kota Kupang yang berekreasi di Pantai itu.
Mengenai dana pembangunan Lopo di pantai Tablolong Minggus mengatakan, ia mengeelola pantai wisata itu dengan dana dari sakunya sendiri, belum ada bantuan dari pemerintah kabupaten. “dana yang ada saya pake untuk sewa kendaraan mengangkut papan-papan untuk membuat l
Lebih jauh ia mengatakan, jalan masuk dan keluar dar lokasi wisat Tablolonh telah rusak parah, sehinggu perlu ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten dan provinsi. “saya berharap pemerintah bisa bantu perbaiki jalan sehingga menarik banyak,orang datang ke Pantai Tablolong” ujarnya.

Tentang Pantai Tablolong

Pantai Tablolong ini merupakan salah satu basis arena bagi olahraga pancing baik berskala tradisonal maupun internasional di Kabupaten Kupang. Turnamen pancing sangat digemari dan dilaksanakan setiap tahun dengan peserta yang datang dari berbagai daerah.
Di Bagian Barat dari objek wisata ini terdapat vila untuk mereka yang ingin menikmati pantai Tablolong lebih lama.
Untuk tarif villa pantai Tablolong ini pun cukup mahal, maka tak heran hanya turis mancanegara saja yang kebanyakan menginap di villa ini. Di kawasan pantai ini juga terdapat rawa yang menjadi tempat untuk pembibitan ikan.
Pantai ini dinamakan Tablolong karena mengambil dari nama sebuah kampung nelayan kecil di ujung paling Timur. Di pantai berpasir putih ini kalian dapat berenang, bermain ataupun hanya duduk duduk santai menikmati keindahan pantai ini.
Langitnya yang biru dan pasir putihnya yang bersih menambah keindahan objek wisata ini. Maka tak heran tempat ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Objek wisata pantai Tablolong ini sangatlah cocok untuk kalian yang ingin berlibur bersama keluarga.
Tidak ada harga tiket masuk khusus untuk menikmati objek wisata ini. Hanya saja, kalian diharuskan untuk membayar parkir untuk keamanan kendaraan anda. Kalian dapat menempuh lokasi ini sekitar 1-2 jam tergantung dari kepadatan jalan menggunakan motor atau mobil.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »