Remaja Asal Pulau Rote Menjadi Putri Pariwisata NTT Tahun 2018

Laporan : Yasintus fahik
Remaja Asal Pulau Rote Menjadi Putri Pariwisata NTT Tahun 2018
POS KUPANG/ENOLD AMARAYA
Ilustrasi : Putri Pariwisata NTT 2017, Ireni Alexandria Garu

 Audisi yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata ini dimulai dari tahap penyeleksian administrasi, wawancara, hingga pemilihan langsung atau grand final. Seluruh peserta yang masuk hingga grand final ini sebanyak dua puluh dua peserta. Seluruhnya merupakan perwakilan dari masing-masing daerah di NTT.

Mahkota Putri Pariwisata yang sebelumnya dikenakan oleh Ireni Alexandria, Putri Pariwisata NTT tahun 2017 berpindah tangan ke Jenny, Putri Pariwisata NTT tahun 2018. Jenny akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti audisi di tinggkat nasional, mewakili NTT.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Marius Jelamu saat di jumpai dalam acara grand final pemilihan putri pariwisata malam tadi menyatakan pemilihan ini bertujuan untuk mendorong anak muda NTT agar mampu bersaing dalam kanca nasional, bahkan internasional. Setiap anak muda harus mampu mengembangkan potensi dirinya, juga potensiwisata NTT itu sendiri.

“Potensi pariwisata dan ekonomi kreatif ada di tangan mereka, anak muda. Saat audisi di tingkat nasional, seluruh elemen masyarakat wajib mendukung putrid kita ini, sebab ini merupakan bagian dari upaya kita”, ujar Marius.

Wajah yang akan ditampilkan nantinya bukan semata-mata hanya kecantikan fisik saja, tetapi kognitif, afeksi, psikomotorik, serta penalaran menjadi standar yang harus dibawa menjadi bagian terpenting. Selain itu, bakat-bakat khusus yang ada di dalam dirinya pun menjadi titik ukur nanti, ketika putri yang terpilih di NTT mengikuti ajang berikutnya di tingkat nasional.

Selain itu, Dr. Olivia Desvinca Albahan Napitupulu,M.Ked.An, Spesialis Anastesi mengatakan, bahwa ada beberapa kategori kemampuan yang harus ditambahkan, yakni pengetahuan umum tentang perkembangan dunia teknologi dan ilmu pengetahuan. Selain itu, syarat kepribadiannya harus tampil percaya diri.

“Kita memberikan mereka wadah yang berisi informasi-informasi tentang pariwisata NTT dan seluruh Indonesia, serta keseluruhan tentang NTT pada umumnya. Seluruh peserta yang tampil dalam pemilihan Putri Pariwisata di tingkat nasional wajib membawa daerahnya dalam kepribadiannya”, lanjutDr Olivia.

Ada beberapa hal yang harus ditambahkan, yakni penguasaan bahasa Indonesia, mampu berbahasa Inggris, dan mampu menguasai bahasa daerah NTT. Setiap masyrakat NTT harus bangga karena ada perwakilan kita yang akan mengharumkan NTT di kanca nasional.(nn)

Sumber: Pos Kupang.com
Penulis: Wilibrordus Kau Suni
Editor: Ferry Ndoen

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »