I Gde Pitana: Parade Kuda di Sumba Luar Biasa

Senin, 16 Juli 2018

Laporan : Yasintus fahik
Walakiri, flobamoraspot.com – Parade 1001 Kuda Sandalwood pada hari Kamis (12/7/2018) diakui banyak pihak sebagai Parade yang mampu membangkitkan Gairah Pariwisata di daratan Sumba. Deputy Pengembangan Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI Professor I Gde Pitana, ketika ditemui dalam acara Penerimaan Peserta Parade 1001 Kuda di Pantai Walakiri Sumba Timur mengatakan, Parade Kuda merupakan sebuah kegiatan Budaya yang sangat luar biasa. Ia mengajak masyarakat Indonesia untuk datang ke Sumba Timur tahun depan.
“Parade 1001 ekor Kuda merupakan Parade wisata yang luar biasa. saya sangat mengharapkan, teman-teman dari seluruh Nusantara luangkan waktu tahun depan untuk datang ke Sumba”, ujar Pitana.

Pitana menjelaskan, Sumba mempunyai Pariwisata yang luar biasa mulai dari Obyek wisata alam mapun budaya.
“Memang Sumba mempunyai berbagai obyek wisata baik wisata alam, budaya maupun keramahtamahannya yang mengagumkan”, kata Profesor asal Bali ini.
Ketua DPRD Sumba Timur Dokter Hewan Palulu Pabundu Ndima mengatakan, DPRD Sumba Timur Sangat mendukung Program Pariwisata yang sedang didorong Pemerintah Republik Indonesia.
“Kami sangat mendukung dua even ini (Parade Kuda dan Festival Tenun Ikat) yang digelar Kemetrian Pariwisata Nasional. Parade Kuda tahun ini hanya 1001 ekor, karena yang hadir saat ini baru 5 Kecamata

n masih ada 7 kecamatan lagi yang bisa hadir”, kata Anggota dan Ketua DPRD 4 Periode ini.
Menurut dia, DPRD ingin Pemerintah Kabupaten Sumba Timur menghadirkan lebih banyak Kuda pada tahun 2019 meski dana APBD Sumba Timur sangat terbatas.

“Kalo tahun depan jumlahnya bisa mencapai 2018 sangat mungkin, tapi ini kan tergantung dana juga”, ujarnya lagi.
Kadis Pariwisata Provinsi NTT Jelamu Ardu Marius mengatakan, Branding yang diciptakan di Sumba

mampu menggenjot perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran ratusan bahkan ribuan orang dari Luar Sumba.
“Dari Luar NTT banyak sekali ya, dari Semarang, Jakarta, Medan, Makasar bahkan Bule dari Luar Negri. ini baru tahun kedua lho”, ungkapnya.Ia mengatakan, akan terus memperbaiki Coreografi Parade 1001 Kuda di Sumba sehingga unsure seninya muncul dalam kegiatan itu.

“Kita tentu akan terus memperbaiki coreografi dari parade Kuda ini. kita lihat ini parade di Padang Savana yang merupakan keindahan luar biasa di SUmba yang menghantar Pulau ini menjadi yang Terindah di dunia”, katanya.Nyonya Indi Hardono dari Jakarta mengaku kagum dengan atraksi yang ditampilkan baik dalam Festival Tenun Ikat maupun Parade 1001 Kuda di Sumba.
“Luar biasa Indahnya ya. Saya datang bersama 7 orang teman ya dan tahun depan kami akan datang lebih banyak”, ujarnya.

Kuda Sandalwood masuk dalam 7 nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018. Flobamoraspot.com mengajak warga Nusa Tenggara Timur untuk memilih obyek wisata ini agar memenangkan kompetisi tahun ini dengan cara mengetik sms API 12C kirim ke 99386

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »