Pembangunan Pantai Kopan Sedang Diperjuangkan ke Pusat

Kamis 2 Agustus 2018
Laporan: Yasintus Fahik
Kupang, flobamoraspot.com – Pantai Kopan merupakan pusat aktivitas masyarakat Kota Kupang sejak dulu. Saat ini pantai tersebut masih ramai dikunjungi berbagai kapal baik yang membawa penumpang dari Semau, Rote dan pulau-pulau di sekitarnya maupun dari Australia dan Negara lainnya. Pantai Kopan dalam satu dua hari ini dipenuhi kapal milik para peserta Sail Indonesia sebelum bergeser ke daerah lain meninggalkan pantai bersejarah ini.
Walikota Kupang Jefri Riwu Kore ketika ditemui wartawan usai meninjau kapal para peserta Sail di Pantai Kopan Kamis 2 Agustus 2018 mengatakan, Pemerintah sedang mengupayakan dana Pembangunan Pelabuhan tersebut. Menurur dia, pelabuhan pantai Kopan harus dilakukan mengingat pantai ini sejak dulu tampil dengan wajah apq adanya.
“ pembangunan Pantai Kopan dengan dana Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah sangat tidak mungkin, karena itu ia sedang mengusulkannya ke Pusat”, kata Jefri.
Mantan Anggota DPR RI ini menambahkan, Pantai Kopan harus diperbaiki sehingga lebih layak sebagai tempat pendaratan peserta Sail Indonesia. Menurut dia, kedatangan para turist dalam event ini sangat membantu perekonomian masyarakat Kota Kupang.


Ia menambahkan, Pelabuhan Marina sedang dalam proses dan diperkirakan tahun depan sudah selesai dikerjakan lengkap dengan kantor Imigrasi yang mengurus administrasi para turist peserta Sail Indonesia. Kadis Pariwisata Kota Kupang Ester Muhu menjelaskan, pada hari pertama peserta akan diregistasi oleh tim CIQP, hari kedua Wellcome Ceremony oleh Pemerintah Kota Kupang. “Hari ketiga City Tour dan Wellcome dinner dan hari keempat flag off”, urai Ester.
Jumlah peserta Sail Indonesia pada hari pertama mencapai 27 kapal dari 16 negara.

Tentang Pantai Kopan

Pantai Kopan dilengkapi sebuah dermaga reot. Luas area pantai Kopan sekitar 75×30 meter. Di ujung barat dikontrak oleh pihak ketiga dengan dua bangunan bar. Di salah satu bangunan bar sering ada live music. Tersedia pula tempat duduk di kiri kanan bagi pengunjung yang ingin melepas penat di malam hari sambil menikmati bir dan lantunan music. Banyak bule sering memilih pantai Kopan sebagai tempat nongkrong.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »