Kampung Megalitik Gurusina Di Ngada Terbakar

Laporan:Yasintus fahik

Ngada, flobamoraspot.com – Kampung Megalitik Gurusina di Desa Watumanu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 13 Agustus 2018 sekitar pukul 17.00 Wita,  terbakar. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut.

Sekitar 30-an rumah adat di kampung itu hangus terbakar hanya tersisa sekitar 6 rumah yang selamat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Salah satu saksi mata, Manto mengaku saat pulang kantor melihat atap mengepul di langit, ketika mendekati asal asap itu diketahui kampung adat itu sudah terbakar.

“Saat saya keluar kantor sekitar pukul 17.00 Wita. Dari jarak 1 km, ada asap, trus saya dari Jerebuu ke Watumanu dengan motor sampai ke sana sudah 5 rumah baris bawa yang terbakar,” katanya.

Dia mengaku kantornya hanya berjarak sekitar 500 meter dengan rumah adat itu, hanya dibatasi dengan sebuah kali. Jika berkendara ke lokasi sekitar 1 kilometer (KM).

Upaya pemadaman hanya dilakukan seadanya oleh masyarakat setempat, dibantu satu unit mobil tanki milik BPBD. Kebakaran sejak sore  hingga malam akhirnya berhasil dipadamkan.

Sumber”nttterkini.com/Ado

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »