Ribuan Warga Sulsel NTT Ramaikan HUT KKSS

Minggu, 18 November 2018

Laporan: yasintus fahik

Warga Sulsel di Kupang

Kupang, flobamoraspot.com —Sekitar 6.000-an warga Sulawesi Selatan (Sulsel) di Nusa Tenggara Timur dan beragam suku lainnya ikut meramaikan puncak acara hari ulang tahun (HUT) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ( KKSS) yang ke-42 tahun 2018 di Kupang, Ibu kota Provinsi NTT.  Moment ini ditandai dengan jalan gembira dan donor darah serta door prize dengan aneka hadiah.

Pantauan Wartawan Jumat (16/11/2018), kegiatan diawali dengan jalan gembira yang mengambil start di halaman Makorem 161/ Wira Sakti- Kupang dilepas  Ketua KKSS Provinsi NTT, Hj. M Darwis. Route yang ditempuh mulai dari  Jalan WJ Lalamentik, Jalan Polisi Militer, Jalan El Tari dan kembali ke Makorem.  Jalan gembira dimeriahkan juga dengan  door prize  banjir hadiah dari berbagai sponsor di Kota Kupang. Hadiah yang disiapkan  berupa hadiah utama 1 unit perahu nelayan dengan kapasitas 1,5 GT seharga Rp 100 juta sponsor dari pengusaha Ismail Dean yang dimana yang meraih hadiah ini adalah    Susiana dari Perumnas Kupang.

Ada juga hadiah 3 unit sepeda motor seperti Honda Beat, Kulkas, Televisi, sepeda gunung, kompor listrik, kompor gas, voucher menginap di hotel berbintang dan hadiah berupa tabungan dari BRI dan Pegadaian serta ratusan hadiah hiburan lainnya.

Acara ini juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah,Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Ketua DPRD Provinsi NTT, H Anwar Pua Geno, Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen (TNI) Teguh Muji Angkasa, Wakil Walikota Kupang, dr. Herman Man, Anggota DPD NTT termasuk Fonuder Bosowa.

HM Darwis, Ketua KKSS NTT  dalam sambutannya berpesan  kepada seluruh warga  KKSS yang berjumlah 90.000 orang  yang tersebar di NTT, agar dapat berpartisipasi dalam membangun dan membawa perubahan positif di wilayah NTT.

HM Darwis mengungkapkan, bahwa dalam keseharian warga Sulawesi Selatan yang mata pencaharian utama bergerak di bidang ekonomi baik  pedagang juga nelayan itu, memiliki falsafah hidup  “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Untuk itu  semboyan ini bagi perantau orang Sulawesi sudah tertanam dan terpatri dalam dirinya nilai siri.

“Adapun nilai siri dalam diri setiap perantau, mereka merasa malu bila tidak bisa merubah kondisi kehidupan yang lebih baik. Mereka malu melanggar peraturan perundangan yang dibuat pemerintah, dan mereka juga malu jika tidak bisa bermanfaat bagi orang banyak terutama di NTT. Yah..kalo tidak bisa begitu, lebih baik pulang saja,”  kata Haji Darwis disambut riuh tepung tangan dari seluruh peserta jalan gembira.

Sementara  Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah dalam sambutannya, mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh keluarga besar KKSS di Kota Kupang khususnya dan NTT umumnya  yang merayakan HUT ke-42 tahun 2018 ini.

Gubernur Nurdin menaruh harapan besar agar jalinan silahturahim dan rasa kebersamaan diantara warga Sulawesi Selatan dengan mayarakat NTT lainnya bisa terjalin dengan baik dan semakin erat dan kokoh sesuai thema acara yaitu, Merajut Kebersamaan dalam keberagaman.

Dirinya juga memotivasi warga KKSS, walaupun mereka berada jauh dari tanah kelahiran, tapi rasa kekeluargaan dan sifat  “Sipalakatau, sipakainge, sipakalebbi dan sipatonggong” yang mengandung makna tetap terpeliharanya persatuan, dan kesatuan serta mengutamakan kekeluargaan, kebersamaan, gotong royong, kesetiawakawanan sosial dan satu dalam suka duka. Sikap merasa paling benar sendiri adalah bukan budaya orang Sulawesi, tetapi saling menghargai, saling mengingatkan menjadi prinsip orang Sulawesi dimanapun berada.

Gubernur Sulawesi Selatan ini juga menitipkan warga Sulawesi Selatan di Kupang maupun NTT kepada Gubernur NTT agar Warga Sulsel bisa bekerja sama membangun NTT menuju sejahtera.

Sekretaris Panitia, Abdul Syukur SH,  mengatakan Hut KKSS ke-42 tahun 2018 ini di rangkai beberapa acara yaitu, anjangsana ke 4 panti asuhan di Kota dan Kabupaten Kupang, dimulai Senin (12/11/2018)  yaitu, di Panti asuhan Sona Manekat Lasiana Kupang, Panti asuhan Kristen GMIT 221 di Kelurahan Merdeka Kupang, Panti asuhan Nurul Saadah Fontein Kupang dan Panti asuhan Hidayahtullah di Kabupaten Kupang.

Menurut Caleg DPRD dapil 7 NTT dari PPP ini, selain merayakan HUT KKSS yang ke-42 tahun 2018,  KKSS juga berbagi kasih dengan saudara- saudara di panti pada Jumat  (16/11/2018) dengan jalan gembira dan donor darah yang dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat  dan pejabat lainnya. Kegiatan yang berlangsung meriah ini bertemakan, Merajut kebersamaan dalam keberagaman, sekali layar terkembang pantang biduk surut ke pantai, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Sumber: nusaflobamora / erni amperawati

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »