Kesbangpol Kota Kupang Gencar Sosialisasi Pendidikan Politik

Kamis, 31 Januari 2019

Laporan: yasintus fahik

Kabankesbangpollinmas Kota Kupang Noce Nus Loa

Kupang, flobamoraspot.com – Partisipasi Pemilih sejak jaman Reformasi terus menurun. Salah satu factor yang berkontribusi pada terjadinya penurunan partisipasi pemilih adalah Pemilih Pemula.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat  ( Kesbangpollinmas) Kota Kupang, Noce Nus Loa ketika ditemui Wartawan di Ruang Kerjanya Kamis (31/01/2019) menjelaskan, pada Pemilihan Umum tahun 1999 partisipasi Pemilih sebesar 90 %, 2004 turun 84 %, 2009 71 % dan 2014 naik kembali 74 %.

“Artinya Pemerintah harus bekerja keras memberikan Pendidikan Politik kepada masyarakat terutama Pemilih Pemula yang berkewajiban memberikan hak suaranya dalam pesta Demokrasi”, kata Mantan Kabag Humas Kota Kupang itu.

Ia menjelaskan, Sosialisasi serupa sudah dilakukan pada tahun 2018 dengan menyasar Perguruan Tinggi, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat. “ Tahun 2009 ini kita sasar 6 SLTA”, urainya.

Ia menjelaskan, Pemilih Pemula memiliki pemikiran bahwa tidak memilih tidak berdampak langsung pada kepentingannya. “Mereka bersikap Apatis terhadap pemilu. Alasan inilah yang membuat Pemerintah menjadikan mereka sasaran sosialisasi Pendidikan Politik”, tegasnya.

Ia mengatakan, kedekatan Para Pemilih Pemula dengan teknologi akan memudahkan penyebarluasan Informasi kepada teman-teman lainnya.

“Ada efek bola Salju. Dari satu orang informasi akan tersebar ke 10 orang dan seterusnya”. Jelasnya.

Pemilu adalah sarana untuk memilih orang-orang yang berkompeten mengatur dan merencanakan berbagai program bagi ksejahteraan seluruh Rakyat.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »