Pemerintah, KPU, Bawaslu, Wujudkan Pemilu Sukses, Aman dan Berkualitas.


Kupang, flobamoraspot.com – Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpollinmas) Kota Kupang Kembali menyelenggarakan Dialog Interaktiv untuk menyampaikan informasi seputar penyelenggaraan Pemilu Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten / Kota,  yang akan berlangsung pada Rabu, (17/4/2019).

Dialog berlangsung di TVRI Kupang pada Senin (8/4) dengan tema “Pemilu Pileg dan Pilpres di Kota Kupang : Sukses, Damai dan Berkualitas-Bebas Pelanggaran” itu disiarkan secara langsung oleh TVRI Stasiun Kupang.

Dialog yang dibiayai oleh Penerintah Kota Kupang itu menghadirkan para nara sumber Walikota Kupang, Dr.Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang: Noce Nus Loa, SH, M.Si, Ketua Bawaslu, Januarius Nomleni,SH dan Ketua KPUD: Decky Ballo, ST, MM. dengan moderator/host David Natun S.Pd.

Walikota Kupang ketika itu menegaskan bahwa pada prinsipnya sudah menjadi tugas pemerintah untuk mendukung penyelenggara pemilu bersama  KPU maupun Bawaslu untuk bersama-sama mewujudkan pemilu yang sukses, aman dan berkualitas.

“Kita wajib menjaga Pemilu berlangsung aman dan berkwalitas”, ujar Jefri.

Kepala Kesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa, S.H, M.Si menjelaskan, strategi Pemerintah Kota Kupang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak politiknya terus dilakukan, bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu dengan melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada seluruh unsur/elemen masyarakat pemilih.

Bahkan, tambah dia, dalam diskusi politik, mendorong peserta pemilu yakni Parpol dan Caleg untuk melakukan pendekatan pemilih dari hati ke hati demi meraih simpati dan meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih.

 “Cara ini berdampak bagi partisipasi pemilih karena semua pemilih telah memiliki pilihan dan ekspektasi yang dipertaruhkan kepada parpol maupun para kontestan.

Berkaitan dengan netralitas ASN Walikota Kupang dalam berbagai kesempatan telah mengingatkan agar ASN tidak terlibat secara langsung dalam kegiatan politik praktis.

Walikota Kupang juga mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap menjaga persaudaraan. “Jangan karena perbedaan pilihan dapat mengakibatkan hancurnya hubungan persaudaraan yang selama ini kita jaga dan pelihara bersama”, imbau mantan Anggota DPR RI itu.

Sementara itu Ketua KPU Kota Kupang menjelaskan bahwa dari sisi KPU sebagai penyelanggara saat ini sudah menerima surar suara sebanyak 1.282.829 lembar yang sudah disortir dan ditemukan sebanyak 3.222 lembar surat suara yang rusak dan telah diusulkan untuk diganti oleh KPU pusat.

“Hambatan dalam penyimpanan logistik sudah dikomunikasikan dengan bapak walikota untuk mencari solusi. Diharapkan seluruhnya akan siap hingga saat pemilihan umum berlangsung pada tgl 17 april nanti”, ujar Decky.

 Ketua Bawaslu Kota Kupang Januarius Nomleni menjelaskan bahwa pada prinsipnya Bawaslu melaksanakan 3 tugas utama dalam rangka menyukseskan  pemilu yaitu cegah, awasi dan tindak. “Atas dasar itu maka Bawaslu lebih fokus pada aspek pencegahan dalam rangka meminimalisir penindakan terhadap pelanggaran”, tegas Nomleni.

Pad akhir dialog Walikota Kupang menghimbau agar peserta pemilu menyiapkan mental untuk menerima hasil Pemilu, menang atau kalah serta mendorong seluruh pemilih agar menggunakan hak politiknya pada tanggal 17 April 2019. ” Yang bertarung harus siap mental. Siap Kalah siap menang”, pungkasnya.

Penulis / editor: Sintus

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »