Komisi I DPRD Kota Kupang Apresiasi Program “ARTIS”

Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Don Paulus saat menyerahkan KTP s3cara simbolis kepada masyarakat

Kupang, flobamoraspot.com – Upaya memperbaiki pelayanan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat terus dilakukan. Salah satu bentuknya adalah melalui pelaksanaan Distribusi 16 ribu Keping KTP kepada masyarakat yang berlangsung di Halaman Kantor Walikota Kupang mulai 11 – 13 April 2019.
Selain itu Pemkot Kupang juga menghadirkan Program “Artis, alias Antar Gratis. “Komisi I mengapresiasi Program “Artis”. Saya pikir ini bagus tapi paling bagus itu bagi per kelurahan lalu ke RT RW yang ada. Kan ada biaya operasional . Kalo hari ini dalam rangka HUT Kota Kupang dan Pemilu tidak masalah tapi ke depan harus lewat RT RW”, ujar Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Padron A.S Paulus usai mengikuti seremonial Penyerahan Secara Simbolil 16 ribu Keping E KTP Kamis (11/4/2019).
Mengenai permintaan Walikota Kupang agar anggota DPRD yang saat ini menjadi Caleg ikut membagi, Caleg nomor 1 Partai Nasdem Daerah Pemilihan (Dapil) Maulafa ini mengatakan pihaknya sudah biasa melayani masyarakat.
“Kami sudah biasa melayani masyarakat bukan tunggu moment politik. Kalo hari ini kami dipercayakan untuk membagikan KTP kepada masyarakat, itu bentuk tanggungjawab kami kepada konstituen kami”, tuturnya.
Walikota Kupang Dr. Jefirtson Riwu Kore mengapresiasi kerja keras PLT Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang, dalam mengatasi berbagai persoalan terkait Pelayanan Administrasi Kependudukan.
“Karena kerja kerasnya hari ini kita berada di sini untuk mengikuti penyerahan 16 ribu keping KTP kepada masyarakat. Ini upaya memperbaiki citra Pemerintah yang sempat dinilai buruk oleh masyarakat”, jelasnya.
Mantan anggota DPR RI itu menilai 16 ribu KTP terlalu banyak untuk didistribusikan sendiri oleh Dispenduk. “Karena itu bisa didelegasikan kepada teman- teman dewan di dapil masing-masing”, harapnya.
PLT Kadisdikcapil Kota Kupang Agust Ririmase menjelaskan, sejak diangkat menjadi PLT dia meluncurkan dua program yakni Artis dan Jemput Bola.
“Misalnya masyarakat yang datang mengurus administrasi kependudikan hari ini tidak selesai maka kita suruh pulang dengan pesan nanti kami antar ke kelurahan. Itu Program ARTIS. Kalo program Jemput Bola, kami sudah melakukan di beberapa titilk seperti di Satbrimobda NTT, 10 ribu pelayanan administrasi kependudukan. Juga di Lapas anak, lapas wanita, lapas dewasa dan juga koordinasi dengan Rumah Sakit Jiwa karena juga warga negara. Kita datangi mereka untuk mengurus administrasi kependudukan karena orang sakit jiwa warga negara”, jelas Ririmase.
Menurut dia, ke depan Disdukcapil akan mendatangi masyarakat yang karena kesibukannya tidak sempat mengurus Adminduk.
“Kita berharap, Pemerintah Kota Kupang menyediakan satu unit mobil pelayanan untuk kita lakukan pelayanan dari kelurahan ke kelurahan”, harapnya.
Ke-16 ribu Keping KTP yang dicetak merupakan hasil rekaman data penduduk sejak tahun 2012 – 2019. “Saya minta masyarakat bisa memanfaatkan waktu tiga hari ini untuk mengambil KTPnya. Jika setelah dicek belum ada, maka bisa langsung rekam data dan cetak di arena Halaman Kantor Walikota Kupang”, ungkapnya yakin.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »