Mentri ESDM Resmikan Proyek Kelistrikan di NTT

Manggarai, flobamoraspot.com – Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignas Yonan didampingi Wakil Gubernur NTT, Yosef Naesoi, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula, Dirut PLN, dan sejumlah Dirjen dari Kementerian ESDM hari ini Kamis (11/4/2019) meresmikan proyek kelistrikan di Provinsi NTT.
“Proyek Kelistrikan yang diresmikan yaitu PLTG/MG Flores (20 MW), GI 70 kV Labuan Bajo dan SUTT 150 kV Labuanbajo-Ruteng, GI 70 kV Ruteng dan SUTT 70 kV Ruteng-PLTP Ulumbu, GI 70 kV Ulumbu”, demikian tulis Karo Humas Setda NTT Dr. Jelamu Ardu Marius dalam akun fbnya @marius jelamu.

Manfaat dari beroperasinya MPP Flores 20 MW yaitu meningkatkan kapasitas penyediaan energi listrik utk Prov NTT khususnya Kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai guna mendukung pertumbuhan perekonomian dua wilayah tersebut terutama Manggarai Barat yg menjadi salah satu destinasi wisata dunia, meningkatkan keandalan sistem kelistrikan dengan sudah interkoneksi dengan dua pembangkit yaitu Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi(PLTP) Ulumbu yang berada di Kabupaten Manggarai dan PLTG/ MG MPP Flores 20 MW yang ada di Manggarai Barat melalui SUTT 150 kV Labuanbajo Ruteng dan SUTT 70 kV Ruteng-PLTP Ulumbu.
“Selanjutnya bila jalur transmisi 70 kV/150 kV telah selesai di sisi Tengah dan Timur Flores, maka pembangkit ini bersama-sama dengan pembangkit listrik pada sisi Timur (PLTMG Maumere dan PLTU Ropa Mataloko mensuplai energi listrik untuk pulau Flores secara keseluruhan”, urai Marius.
Menteri Yonan juga meresmikan pemasangan sambungan listrik gratis untuk 11 ribu Kepala Keluarga yang tersebar di seluruh NTT.
“Pemasangan secara gratis itu ditargetkan selesai sebelum 17 April”, tambahnya.
Dijelaskannya, untuk tahun 2019 juga direncanakan disediakan listrik tenaga surya untuk 20.000 KK yang ada di pulau-pulau /tempat yang tdk dilalui jaringan PLN.
“Dengan kebijakan tersebut ratio elektrifikasi di NTT naik dari 64 persen menjadi 71 persen lebih.

Menteri Yonan berjanji untuk menaikkan ratio elektrifikasi di NTT menjadi lebih dari 90 persen sebagaimana halnya Papua yg naik dari 54 persen menjadi 90 persen lebih”, urainya.
Sementara itu Wagub NTT Yosef A. Naesoi mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepada Menteri Ignas Yonan yang memberikan perhatian penuh kepada NTT.
“Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang kebijakannya dirasakan oleh rakyat NTT”, kata Wagub NTT dalam sambutannya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »