Balai POM Pastikan Jajanan Berbuka Aman Dikonsumsi

Kupang, flobamoraspot.com – Wakil Gubernur NTT Yosep Adrianus Nae Soi Senin (6/5) sore memantau Kuliner jajanan Berbuka di depan Bank Mandiri untuk memastikan makanan yang dijual aman dan higienis untuk Berbuka Puasa. Wagub Yosep Nae Soi tidak datang sendiri tetapi memboyong Pihak Balai Pengawas Obat dan Makanan – BPOM, untuk melakukan pemeriksaan.
“Jadi kita melakukan pengawalan terhadap makanan yang dijajakan setiap tahun di sini. jadi kita punya kewajiban untuk menjamin bahwa makan yang ada aman dikonsumsi”, kata Kepala BPOM Sem Lapik, dalam live report dengan Tirilolok bersama Karo Humas Setda NTT Dr. Jelamu Ardu Marius dari depan Bank Mandiri Sem Lapik menambahkan, pihaknya langsung melakukan pengujian cepat atau preliminary test di lokasi dan jika ada temuan akan diadakan tes konfirmasi di Laboratorium.
“Dan kalo misalnya positif kita memberikan advokasi kepada penjualnya agar tidak lagi menggunakan bahan yang sama karena membahayakan kesehatan”, tuturnya.
Ia mengatakan, sesuai uji sampel di lokasi penjualan, jajanan yang dijual masih negatif.
“Kita berharap, semua makanan yang dijajakan tidak mengandung bahan berbahaya”, ujarnya.
Sedangkan Wakil Gubernur Yosep Adrianus Nae Soi mengatakan, sesuai hasil uji di lokasi penjualan, makanan yang dijual masyarakat di depan Bank Mandiri sehat tanpa bahan berbahaya.
“KIta hanya mau memastikan, apakah mereka menggunakan bahan yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan BPOM. Misalnya Borax, Garam terlalu tinggi, Formalin, dia pake zat pewarna atau tidak setelah dicek semuanya negatif”, jelas Nae Soi.
Wagub Yos Nae Soi agak keberatan dengan lokasi penjualan yang selalu dilalui banyak kendaraan dan angin kencang sehingga makanan yang dijual bisa terkontaminasi debu.
“OLeh sebab itu kita akan pikirkan bagaimana membantu supaya ada tempat yang terlindung sehingga makanan tidak tercemar”, katanya.
Yosep Nae Soi pada kesempatan itu tidak lupa mengucapkan selamat berpuasa kepada seluruh Umat Muslim di Indonesia khususnya di NTT.
“Saya ucapkan selamat memasuki bulan Ramadhan 1440 Hijriah dan masyarakat NTT mari kita jaga kerukunan dan ketenangan saudara-saudari kita dalam berpuasa”, katanya.
Anggota DPRD NTT Muhamad Ansor yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi Pemerintah provinsi melalui Wakil Gubernur yang turun ke jalan, untuk melihat dari dekat penjualan jajanan Berbuka di depan bank Mandiri.
“Saya sangat bersyukur Pak Wagub langsung melihat ke lokasi penjualan jajanan lokal kita dan ini merupakan perhatian Pemerintah. Harapan kami keamanan makanan ini tetap dijaga sehingga ketika kita makan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama”, Ungkapnya.
Ia mengatakan, toleransi antar umat beragama di NTT patut diapresiasi yang ditunjukkan dengan penjagaan keamanan selama taraweh pemuda Kristen dan Orang Muda Katolik. Jajanan Berbuka yang dijajakan umat Muslim di depan Bank Mandiri tidak hanya dibeli umat Muslim tetapi juga oleh kalangan non muslim.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »