Robert Amaheka: Keluhan Kapus Batakte Akan Dipenuhi

Ustad Ahmad Uju (berkopiah) diantara Paduan Suara puskesmas Batakte saat syukuran pengresmian Puskesmas


Batakte, flobamoraspot.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang boleh berbangga karena kehadiran Puskesmas Batakte Kupang Barat yang hari ini diresmikan. Kehadiran Puskesmas ini menambah kekuatan Dinas Kesehatan dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat meski masih jauh dari sempurna dalam berbagai hal. Kepala Puskesmas Batakte Antonia Nogo, S.St. M.Kes yang diwawancara media menyampaikan kekuranag dokter di Puskesmas itu.

Terhadap kekurangan itu Kadis Kesehatam langsung memberi solusi.
“Keluhan Ibu Kapus soal Sumber daya Manusia akan saya penuhi”, demikian kata Kadis Kesehatan dr. Robert A.J. Amaheka kepada wartawan usai meresmikan penggunaan Gedung Puskesmas Batakte Jumat (17/5/2019).
Pernyataan kesanggupan Kadis Kesehatan itu tidak berlebihan karena baru-baru ini ia menerima beberpa CPNS yang datang melaporkan diri di Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang.
“Kemarin juga ada laporan CPNS 80 persen kurang lebih ada 90-an orang dan Puskesmas Batakte akan menjadi perhatian tersendiri. Puskesmas ini merupakan cerminan Dinas Kesehatan karena dekat dengan Kota Kupang dan Provinsi”, katanya.
Lebih jauh ia menjelaskan, pada 2013 Kabupaten Kupang mendapat alokasi dana 87 Milyar untuk pembangunan Puskesmas, namun banyak yang mangkrak sehingga pada 2017 turun menjadi 44 Milyar. “Dan pada tahun 2018 mau dikasih lagi orang Kementrian Kesehatan tanya saya, Pak dokter bisa ko sonde. Saya bilang kasih saja. Saya akan jaga kepercayaan dan mereka kasih 87 milyar lagi untuk saya bangun 23 Puskesmas. Tahun depan 1 T”, tuturnya.

Camat Kupang Barat Yusak Ulin menyatakan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten yang telah menjawab kebutuhan masyarakat Batakte.
“Puskesmas ini akan mengubah wajah Kupang Barat menjadi lebih Indah lagi dari sebelumnya. Ini berkat Kerja keras dari Bapak Kadis. Kami sangat senang karena Pemerintah memberikan yang terbaik bagi kami’, ujar Ulin
Ia berharap para petugas Kesehatan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Dan Tenaga yang masih kurang kami mohon kepada bapa Bupati dan Kadis Kesehatan untuk memperhatikan tenaga-tenaga yang dibutuhkan terutama penyakit-penyakit yang menonjol di Kupang Barat akibat akan hadirnya kawasan Industri di Bolok., dokter ahli mohon ditambah’, imbuhnya.


Kepala Puskesmas Kesehatan Batakte Antonia Nogo S.ST. M.Kes mengatakan, saat ini Puskesmas Batakte memiliki 75 tenaga Kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Ada 1 orang magister Kesehatan, 1 orang dokter bayi secara normal di Puskesmas ini.
“Bertepatan dengan hari ulang tahun saya tanggal 8 Mei, saya mendapat dua hadiah terindah, karena lahir dua balita di Gedung baru ini. Saya bersyukur pas tanggal 8 Mei dilahirkan normal”, katanya
Antonia menguraikan, gedung Puskesmas Batakte mulai dibangun Mei 2018 dan baru diselesaikan pada Desember 2018. Walaupun belum secara resmi diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kupang, tetapi terhitung tanggal 1 Mei pihaknya sudah memberikan pelayanan kepada warga.
“fasilitas yang tersedia di gedung baru yakni ruang UGD 24 jam, ruang persalinan, ruang rujukan juga mobil ambulance dan ruang rawat inap. Peralatan pendukung memang belum memadai tetapi bukan berarti mengendorkan semangat pelayanan. “Mungkin yang dibutuhkan kami sekarang soal pelatihan petugas pemakai peralatan. Ini puskesmas baru sehingga masih dalam pembenahan”, ujarnya
Pembangunan Gedung Puskesmas Batakte menelan dana 5 Milyar bantuan dari Kementrian Kesehatan RI.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »