Jerry Manafe: Saya Bangga Dengan Kegiatan Bursa Inovasi Desa

Baun, flobamoraspot.com – Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengapresiasi beragam inovasi pembangunan Desa yang dilakukan Pemerintah Desa di Kabupaten Kupang. Terbukti dengan dukungan Kucuran Dana Desa, beberapa Desa telah melakukan terobosan pembangunan dengan memanfaatkan potensi yang ada di Desa itu baik di Sektor pariwisata, Pertanian, Peternakan dan lainnya.

Secara khusus Wabup Jerry mengapresiasi Desa Mata Air di Kecamatan Kupang Tengah yang membuat inovasi pengembangan pariwisata pantai Sulamanda dan Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat yang mengembangkan inovasi Pantai Tub Afu.

Hal tersebut disampaikan Wabup Kupang Jerry Manafe saat kegiatan Bursa Inovasi Desa Zona III, bertempat di Objek wisata Pantai Tub Afu Desa Nekbaun Kecamatan Amarasi Barat, Jumat (12/7/ 2019).
Desa-Desa yang berada di Zona III diantaranya dari Kecamatan Amarasi, Amarasi Timur, Amarasi Barat, Amarasi Selatan, amabi Oefeto, Kupang Timur dan Kupang Tengah mengikuti kegiatan tersebut.

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten II Sekda Provinsi NTT Samuel Rebo, Kadis PMD Kabupaten Kupang Charles Panie, Koordinator Pendamping Dana Desa Kandidatus Angge, Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa Obaja Neno.

Lebih lanjut Wabup Jerry mengatakan Pengelolaan Dana Desa jika dilakukan secara baik, tepat sasaran dan sesuai dengan potensi yang ada di Desa akan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Hal penting yang diingatkannya agar masyarakat bertumpu pada revolusi 5 P yang terus digaungkan dalam rangka menumbuhkan ekonomi masyarakat yang semakin baik yakni pada bidang Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan Kelautan dan Pariwisata.

Dia menyambut positif setiap terobosan dan inovasi masyarakat dan berharap agar benar-benar dikerjakan sehingga memberi hasil nyata.

“Saya bangga dengan kegiatan bursa inovasi Desa ini, tolong dimanfaatkan dengan baik, kembangkan potensi yang ada di Desa bagi kesejahteraan masyarakat. Jangan berhenti disini, terus berkarya. Para Kades bangun komunikasi dengan semua stekholder, agar banyak ide untuk membangun desa yang maju, mandiri dan sejatera,” ungkapnya.

Kepada para Kades, Wabup Jerry mengingatkan dengan tegas agar jangan salah memanfaatkan Dana Desa dan menyesuaikan dengan aturan yang ada sehingga tidak menimbulkan dampak hukum dikemudian hari.

Asisten 2 Setda Provinsi NTT Samuel Rebo dalam sambutannya mengatakan, pengembangan Desa berkualitas menjadi perhatian pemerintah NTT terutama pengembangan sektor-sektor pariwisata.

“Saya kagum dengan inovasi beberapa Desa di Kabupaten Kupang yang gencar mengembangkan potensi wisata salah satunya Desa Nekbaun yang menata pantai Tub Afu menjadi lokasi wisata potensial yang bagus”, katanya.

Kepada semua peserta Bursa Inovasi Desa yang hadir dia mengharapkan agar terus berjuang membangun Desa, mensejahterakan masyarakat dan mengembangkan potensi yang ada agar memberi nilai tambah bagi peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebib baik.

Ketua panitia Bursa Inovasi Desa (BID) Obaja Neno melaporkan, pelaksanaan BID menggali potensi terbaik di Desa untuk dikembangkan. Para Kades dan jajaran dilatih untuk lebih kreatif, inovatif dalam membangun Desanya, didukung dengan Dana Desa yang telah dikucurkan Pemerintah.

“Pembangunan tidak hanya soal fisik saja tetapi bagaimana pengembangan ekonomi dan sektor-sektor pemberdayaan masyarakat sehingga menghasilkan dampak ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »