Keindahan Pantai Tub Afu Kalahkan Jalan penghubung Yang Buruk

Sepasang sejoli sedang menikmati indahnya pantai Tub Afu


Amarasi Barat, flobamoraspot.com – Rasa penasaran terhadap keindahan Pantai Tub Afu Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat yang diposting warganet di Media Sosial seperti tak terbendung. Tempat itu baru saja diresmikan Wakil Bupati Kupang pada Jumat (12/7/2019).
Rasa ingin tau menggelora. Saya lalu mengajak putra Bungsu saya untuk menjelajahi wilayah Nekbaun yang berad ada persis di bagian Selatan Pulau Timor itu.
Berbekal Google Map kami berangkat ke Pantai Tub Afu yang jaraknya 28 Km (sesuai petunjuk Google Map) dari Kota Kupang. Tepat pukul 11.30 kami bertolak dari Kota Kupang. Waktu perjalanan kami sebenarnya hanya 1 Jam 11 menit (google Map). Itu berarti kami harus tiba pada pukul 12. 41 Wita.
Namun apa yang terjadi. Kami tiba pukul 13.21. Meleset dari perkiraan Google map.
Apa alasannya ? Kondisi jalan yang buruk membuat kami harus ekstra hati-hati untuk menurun dan mendaki. Tidal ada gunung, bukit dan lembah yang berarti namun kondisi jalan berbatu dan berdebu yang membuat kami harus hati-hati. Kadang Grivin Deodatus harus turun dari motor (Antisipasi jangan sampai jatuh maklum Senin 15 Juli 2019 sudah kembali sekolah).
Setelah beristrahat sejenak kami melangkah masuk Area Pantai tub Afu. Ucapan “Selamat datang ke Pantai Tub Afu” menyambut kami di pintu masuk Pantai nan seksi itu. Kami langsung mengambil posisi di salah satu lopo sambil memeprsiapkan diri untuk mandi.


Grivin mulai tergoda ingin mandi bersama beberapa anak seusianya yang sdang asyik bermain ombak, sementara saya bersendagurau bersama salah satu pengunjung Pantai. Kami bercerita tentang indahnya Pantai Tub Afu yang mulai ramai dikunjungi.
“Pantainya cukup Indah dan sangat menarik untuk kita nikmati. Tapi jalan masuknya yang perlu dibenahi. Pemerintah harus segera memperbaiki, kalo tidak orang hanya datang 1x dan pergi tidak datang lagi”, kata Lambertus Yoseph Lay Warga jalan Pattimura, Kelurahan Fontein Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang itu.
Menurut Pria keturunan Tionghoa ini, keinginan masyarakat untuk berwisata saat ini cukup tinggi sehingga pengelola harus menangkap kondisi ini. “Kelola obyek wisata secara professional juga jalan penghubung.”Ada sekitar belasan km jalan masuk ke Pantai Wisata Tub Afu dan jalan darurat sekitar 6 Km. Tidak terlalu jauh tapi buruknya jalan membuat kita habis waktu di jalan”, katanya.
Ia menjelaskan, sesuai rencana ia dan keluarga berwisata ke Pantai Oetune (kebetulan belum ke sana) namun tergoda dengan keindahan Pantai Tub Afu sehingga lebih memilih ke sini. “Pantai ini tidak beda dengan Oetune namun Oetune lebih luas dan lukisan pasir di garis pantai lebih indah. Pantai ini memiliki hamparan pasir cukup panjang sehingga tidak kalah dengan Oetune. Bisa untuk olah raga Pantai”, kata saya meyakinkan Lay.
Terkait permintaan Pria asal TTU itu, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, SH, M.Th telah menginstruksikan pihak Kedesaan untuk menggunakan dana desa memperbaiki jalan masuk.
“Saya senang karena ini destinasi tambahan lagi. Kita sudah punya puncak Gunung Fatuleu, ada pantai Sulamanda di Desa Mata Air, lalu pantai Alamanda di Kupang Barat. Potensi ini harus digarap. Jangan ibarat tikus mati di lumbung, tapi perlu inovasi. Dana desa cukup besar dimanfaatkan tapi sesuai juknis,” kata Jerry ketika meresmikan obyek wisata itu Jumat (12/7).
Pantauan flobamoraspot.com ada beberapa ruas jalan yang diaspal. Besar kemungkinan menggunakan dana Desa yang dianggarkan Pemerintah Pusat.

Eny, pengunjung yang minta di foto


Fasilitas Pantai Tub Afu
Sebagai tempat wisata baru, Pantai Tub Afu masih berbenah. Mulai dari Area parker di luar pagar area wisata, hingga kebutuhan dalam obyek wisata Tub Afu yang panjang garis pantainya mencapai 4-5 Km.
Fasilitas pendukung seperti Lopo sudah ada. Dalam hitungan saya ada 13 Lopo yang sudah dibangun oleh BUMdes Rium Jaya yang bernaung dibawah Desa Nekbaun. Ada satu bangunan Lopo di atas karang di tepi pantai yang beberapa kolom (tiang)nya baru dicor. Jika itu sudah selesai maka pengunjung bisa memanfaatkannya untuk menikmati keindahan view laut dan gemuruh ombak pantai Selatan dari dekat.
Sarana lainnya yakni ada alat renang seperti ban dan pakaian renang yang siap disewakan bagi pengunjung yang ingin mandi juga ada kuliner yang siap memenuhi kebutuhan anda.
Ayo bagi anda yang hobi pelesir agendakan perjalanan wisatamu bersama keluarga. Jangan lupa datang ke Pantai Tub Afu yang selalu tersenyum menyambut anda, karena Pantai Tub Afu memiliki pemandangan yang indah di tepi pantai.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »