Pemerintah Kabupaten Kupang Gelar Forum Konsultasi Publik


Waket DPRD Kabupaten Kupang Johanis Mase menansatangani berita acara disaksikan Bupati Kupang Korinus Masneno

Oelamasi, flobamoraspot.com – Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur Senin (5/8/2019) menggelar Forum Konsultasi Publik di Kantor Bupati Kupang Kota Oelamasi. Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya pada acara Forum Konsultasi Publik (FKP) Ranwal RPJMD Kabupaten Kupang tahun 2019-2024 mengatakan, Peningkatan derajat kesehatan, keterampilan, pendidikan masyarakat serta meningkatkan intergritas, kapasitas dan profesionalisme aparatur sangat penting. Selain itu kata dia, pembangunan infrastruktur sebagai sarana pendukung pembangunan ekonomi perlu dilakukan, demi peningkatan produktifitas pada sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan dan Pariwisata (5P) dalam mewujudkan Visi Kabupaten Kupang yang berhasil yakni “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Kupang Yang Maju, Mandiri dan sejahtera”.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Visi pembangunan Kabupaten Kupang terdiri dari 3 frasa yakni Kupang Maju, Kupang Mandiri dan Kupang Sejahtera.
“Upaya yang dilakukan diantaranya mewujudkan sumber daya manusia Kabupaten Kupang yang berkualitas dan kompetitif, masyarakat yang mampu melakukan perubahan struktur ekonomi dengan konsep berpikir, bertindak dan kreatif dalam mengoptimalkan potensi asli daerah”, kata dia..
FKP jelas Masneno, merupakan kegiatan strategis yang wajib dilaksanakan dengan tujuan menyatukan ide, gagasan dan semangat para pemangku kepentingan di daerah, sesuai dengan amanat UU No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan Nasional. Dia menambahkan, salah satu frasa penting yang perlu dilakukan demi mewujudkan Kupang Sejahtera ialah dengan memotivasi masyarakat hidup sehat, cerdas, dan produktif serta mampu menguasai iptek.
“Revolusi 5 P menjadi semangat dan nilai perubahan kolektif dalam mengembangkan dan meningkatkan produktifitas daerah secara revolusioner pada 5 bidang unggulan,” jelas Masneno.

Waket DPRD Kabupaten Kupang Yohanis Mase dalam mengatakan, DPRD sebagai mitra pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pembangunan khususnya yang termuat dalam RPJMD tahun 2019-2024.
Menurut dia, lewat kegiatan RKP RPJMD Kabupatwn Kupang tahun 2019-2024 dapat menghasilkan rencana pembangunan dan program terbaik dalam memajukan Kabupaten Kupang.
“Saya berharap terbangun kolaborasi dan sinergi diantara semua komponen yang ada baik DPRD, LSM dan sebagainya demi menghasilkan pembangunan terbaik di Kabupaten Kupang”, ujar Mase.

Kepala BP4D Kabupaten Kupang Marthen Rahakbauw dalam laporannya menyatakan Forum Konsultasi Publik sebagai kesatuan sistem perencanaan pembangunan dan merupakan tahap awal merumuskan dan menajamkan isu strategis, permasalahan dan sasaran strategis dari Ranwal RPJMD.
“Lewat kegiatan ini diharapkan menjadi sarana sosialisasi ranwal RPJMD demi penyempurnaannya”, ucap dia.
Pada kesempatan tersebut Pemerintah bersama dengan lembaga DPRD, LSM dan perwakilan masyarakat menandatangani berita Acara Forum Konsultasi publik. Hadir pada kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Kupang Obet Laha, Waket DPRD Kabupaten Kupang Yohanis Mase, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kupang Sofia Malelak De Haan, pimpinan OPD, Anggota DPRD Kabupaten Kupang serta LSM Kabupaten Kupang di antaranya Cis Timor dan Bengkel Appek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »