Lomba Masak Serba Ikan, Upaya Gelorakan Konsumsi Ikan

Oelamasi, flobamoraspot.com – Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat dan baik terhadap keluarga. Protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi karena memiliki kolesterol rendah, mengandung asam lemak tidak jenuh (asam lemak omega 3) yang dapat mempengaruhi fungsi pembuluh darah sehingga mencegah penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah dan dapat mencegah penyakit jantung. Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Kupang Ny. Damaris Masneno – Mooy saat membuka kegiatan Lomba masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten Kupang Tahun 2019, Jumat (23/8/2019) yang berlangsung di Hotel Olive Kupang.

Kegiatan yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Kupang tersebut diikuti oleh Tim PKK, Kecamatan Se-Kabupaten Kupang dalam ranga menggelorakan semangat mengkonsumsi ikan di masyarakat mengingat manfaatnya sangat baik untuk kesehatan.

Lebih lanjut Damaris Masneno Mooy menjelaskan pentingnya peranan ibu-ibu Tim Penggerak PKK untuk ikut mensosialisasikan nilai lebih dari mengkonsumsi ikan dengan menyampaikan nilai gizi yang terkandung dalam ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan ikan kepada masyarakat. Melalui lomba masak serba ikan ini, dirinya berharap terciptanya inovasi-inovasi baru berbahan baku ikan dan terciptanya kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik.
“Mari kita bersama-sama mengkonsumsi ikan, bahkan mendorong, memotivasi masyarakat lainnya juga untuk mengkonsumsi ikan khususnya dalam sajian prasmanan keluarga,” ajak Ny. Masneno.

Diakhir sambutannya Ny. Damaris Masneno Mooy berpesan agar lomba masak serba ikan dapat dilaksanakan secara kontinyu dan memberikan dampak nyata dalam gerakan memasyarakatkan makan ikan.

Sementara itu Kadis Perikanan Kabupaten Kupang Novita Funay menyatakan Lomba masak serba ikan dilaksanakan dalam rangka menggeloarakan semangat memakan ikan yang memiliki gizi yang baik bagi kesehatan keluarga.
Tema Lomba adalah “Ragam Menu Masakan Ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak di Kabupaten Kupang,”.

Dari 24 Kecamatan yang mengikuti Kegiatan ini didapatkan juara diantaranya: Juara 1 Kecamatan Amabi Oefeto, Juara 2 Kecamatan Kupang Barat, juara 3 Kecamatan Sulamu dan Juara IV Kec. Amarasi Timur. “ Untuk juara satu akan mewakili Kabupaten Kupang dalam kegiatan Lomba masak Ikan tingkat Provinsi NTT.

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »